Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Target Tanam Jagung 380 Hektare pada April-September

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Juli 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur menargetkan perluasan areal tanam jagung pada musim tanam April-September 2020 seluas 380 hektare.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi saat menghadiri tanam jagung perdana bersama Kelompok Tani Rurey Maju di Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat, Jumat 17 Juli 2020.

"Ini untuk menunjang ketahanan pangan nasional dan memenuhi kebutuhan bahan pakan ternak yang dikembangkan di Kabupaten Barito Timur," katanya usai kegiatan tanam jagung.

Jagung pakan belakangan banyak dicari oleh kalangan peternak ayam layer atau petelur hingga industri pakan ternak.

Tanaman serealia ini memang merupakan salah satu bahan utama pakan ternak ayam. Harga jual jagung kering pipil juga cukup menjanjikan, yakni sekitar Rp 3.800 per kilo gram.

Di Barito Timur hampir semua desa mengembangkan budidaya ayam petelur dengan menggunakan dana desa, kondisi ini membuat kebutuhan pakan ayam ternak di Kabupaten Barito Timur terus meningkat.

Karena itu untuk mendukung pengembangan budidaya jagung pakan, dinas pertanian menyiapkan benih jagung yang dibagikan gratis kepada petani.

"Kita harapkan pada musim tanam april-september ini petani dapat memanfaatkan lahannya dengan baik untuk menanam jagung sebelum nanti ditanam padi pada musim tanam Oktober-Maret," pungkasnya.

Kegiatan tanam jagung bersama juga dihadiri oleh Koordinator BPP Paju Epat, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Ketua KTNA Paju Epat. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru