Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kondisi Nelayan di Kotim Harus Jadi Perhatian

  • Oleh Naco
  • 18 Juli 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kondisi nelayan di Kabupaten Kotawaringin Timur perlu mendapat perhatian agar mereka bisa sejahtera. Itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur H Rudianur.

Perhatian itu kata Rudianur dengan menggelontorkan program yang berpihak kepada mereka, karena selama ini kondisi para nelayan masih jauh dari harapan.

"Mereka nelayan banyak yang perlu jadi perhatian, mulai dari fasilitas alat tangkap ikan, ketersediaan bahan bakar, hingga pada pemasaran hasil tangkapan mereka," kata Rudianur, Sabtu, 18 Juli 2020.

Rudianur yakin jika pemerintah berpihak kepada nelayan apa yang jadi keluhan mereka selama ini akan terselesaikan dengan baik dan nelayan akan sejahtera.

Dari itu Rudianur meminta agar pemerintah bisa menggelontorkan anggaran setiap tahun anggaran itu secara maksimal.

"Seperti ketersediaan BBM, Pemerintah harus membantu mereka menekan pihak SPBU agar membagaikan BBM, selama ini nelayan kita sulit dapat jatah dan bahkan lebih mudah pelangsir untuk mendapatkan bahan bakar itu," tegasnya.

Selain itu juga menurut Rudianur pemkab harus punya solusi agar setiap musim ombak nelayan tetap bisa bekerja dan mendapatkan hasil.

"Selama ini kalau ombak tinggi nelayan tidak bisa bekerja. Nah ini yang harus dicari jalan keluarnya bagaimana agar nelayan itu bisa tetap berpenghasilan, misalnya selain mengandalkan hasil tangkapan mereka juga harus dibantu pengelolaan perikanan dengan sistem tambak," pungkasnya.(NACO/B-5)

Berita Terbaru