Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Demokrat Usung Putri Ma'ruf Amin di Pilkada Tangsel

  • Oleh Teras.id
  • 19 Juli 2020 - 21:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Partai Demokrat merekomendasikan putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah sebagai calon wali kota Tangerang Selatan di Pilkada 2020. Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat itu berpasangan dengan kader Partai Keadilan Sejahtera Ruhamaben.

"Tangsel kami telah memutuskan dan memberikan Surat Keputusan Rekomendasi kepada kader utama Partai Demokrat Siti Nur Azizah berpasangan dengan Ruhamaben dari PKS," kata Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Demokrat, Kamhar Lakumani kepada Tempo, Sabtu, 18 Juli 2020.

Koalisi Demokrat - PKS telah mencukupi syarat minimal sembilan kursi untuk mengusung pasangan calon di Pilkada mendatang. Demokrat memiliki lima kursi di DPRD, sedangkan PKS mempunyai delapan kursi.

Selain Siti Nur Azizah dan Ruhamaben, pasangan calon lain yang akan berlaga di Pilkada Tangsel adalah Benyamin Davnie-Pilar Saga. Wakil Wali Kota Tangerang Selatan dan anak Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah ini diusung oleh Partai Golkar. Golkar memiliki sepuluh kursi di DPRD sehingga bisa mengusung calon tanpa berkoalisi.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang memiliki delapan kursi, kemungkinan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra. Dua pekan lalu, beredar surat DPP PDI Perjuangan merekomendasikan pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Muhammad adalah Sekretaris Daerah Tangerang Selatan, sedangkan Rahayu Saraswati adalah Ketua Divisi Advokasi Perempuan Gerindra, sekaligus keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Namun kedua partai belum secara resmi mengumumkan mengusung keduanya.

Kamhar mengatakan, hingga saat ini Demokrat telah memutuskan menetapkan 208 pasangan calon dari 270 daerah Pilkada. Ini mencakup 150 SK rekomendasi untuk pasangan calon dan 58 surat tugas, lima di antaranya untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Dari 261 Pilkada kabupaten/kota, Demokrat memajukan 167 kader sebagai kontestan. Sedangkan untuk sembilan daerah yang menggelar pemilihan gubernur, Demokrat memajukan lima kader sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Menurut Kamhar, partainya menargetkan dapat memenangkan sekurang-kurangnya 35 persen atau 95 daerah. Namun Demokrat optimistis pencapaian di lapangan akan lebih dari target tersebut.

"Sementara untuk Pilgub kami menargetkan minimal tiga kemenangan, masing-masing di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi," kata dia.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru