Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Siapkan Dapur Umum Untuk Pengungsi Terdampak Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 Juli 2020 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyiapkan dapur umum untuk warga desa yang terdampak banjir di wilayah setempat. 

Melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar, pihaknya membangun tenda pengungsian dan juga dapur umum, untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi. Terutama warga Desa Rungun yang mulai mengisi tenda-tenda pengungsian.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Ahmad Yadi, bahwa sejak Jumat, 17 Juli 2020, Tim Tagana telah berada di Desa Rungun. Bahkan logistik untuk keperluan makan para pengungsi pun telah sampai dilokasi pengungsian yang ada di kawasan Keminting.

"Sejak banjir mulai tinggi, Dinas Sosial dan BPBD Kobar telah mendirikan tenda. Tenda pengungsian ini jaraknya 3 KM dari Desa Rungun, awalnya hanya ada beberapa warga saja yang mengisi tenda tersebut, karena air semakin tinggi akhirnya secara berangsur warga pun mulai mengisi tenda - tenda pengungsian," ujarnya, Senin, 20 Juli 2020.

Lanjutnya, untuk keperluan warga Desa Kondang akan di droping logistik, mengingat kendaraan dapur umum sangat tidak memungkinkan untuk masuk ke desa itu, sebab kondisi akses jalan darat terputus karena tergenang air.

"Saat menuju lokasi, kendaraan logistik harus lewat Lamandau, karena saat ini jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama ada beberapa titik terendam banjir," ungkapnya.

Tim Tagana bersama warga akan bergotong royong untuk memasak, termasuk di desa Kondang juga untuk keperluan makan warga akan dikerjakan oleh Tim TP PKK desa Kondang. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru