Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Sumber Garunggung Lirik Peluang Pengembangan Jagung Pakan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Juli 2020 - 20:30 WIB



BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Supardi melirik peluang pengembangan budidaya tanaman jagung pakan di desa yang dipimpinnya.

Dia menilai potensi pasar jagung pakan saat ini sangat baik sehingga layak dikembangkan sebagai alternatif usaha bagi petani di saat harga karet merosot.

"Di Desa Sumber Garunggung masih bisa ditambah luas tanam jagung hingga 50 hektare, pada musim tanam April-September tahun ini yang bisa ditanam seluas 25 hektare," ungkap Supardi saat mendampingi Kepala Dinas Pertanian Barito Timur meninjau kebun jagung milik Ketua Kelompok Tani Nela Jakat Poon di RT 06 Desa Sumber Garunggung, Senin 20 Juli 2020.

Dia ingin desa berpenduduk 1.476 jiwa dengan luas 84,801 kilometer persegi ini menjadi salah satu penghasil jagung pakan di Kabupaten Barito Timur.

"Tanah di wilayah sini subur dan cocok untuk tanaman jagung, hanya mungkin petani perlu dibantu dan didampingi oleh dinas terkait agar berhasil," imbuh Supardi.


Karena itu dia meminta pemerintah melalui dinas pertanian agar tetap menyalurkan bantuan benih maupun alat pengendali hama serta pemipil jagung bagi kelompok tani.

Senada dengan Supardi, Koordinator Balai penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Dusun Tengah, Resto berharap perluasan areal tanam jagung di Kecamatan Dusun Tengah dapat ditingkatkan.

"Pada musim tanam April-September ini total luas areal tanam jagung di kecamatan Dusun Tengah sekitar 50 hektar, kami berharap pada musim tanam berikutnya dapat lebih ditingkatkan lagi," kata Resto.

Dia mengingatkan kepada kelompok tani agar selalu berkoordinasi dengan penyuluh dan BPP setempat untuk bersama-sama mengatasi jika menghadapi masalah dalam pengembangan luas tanam jagung.

Diketahui, Kelompok Tani Nela Jakat Poon menanam jagung pakan varietas NK 212. Varietas ini memiliki keunggulan umur panen relatif cepat, tahan kekeringan dan tongkol berisi penuh.

Berita Terbaru