Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Selatan Soroti Satpol-PP Tak Ada SOP Penegakan Hukum dan Perda Ketertiban Umum

  • Oleh Uriutu
  • 20 Juli 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Jajaran DPRD Barito Selatan menyoroti Satpol-PP karena tidak memiliki SOP penegakan hukum dan Perda ketertiban umum.

Hal tersebut disampaikan ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Raden Sudarto saat Rapat Dengar Pendapat RDP dengan Bagian Hukum Setda Barsel dan Dinas Satpol-PP dan Damkar, Senin, 20 Juli 2020.

Ia mengatakan, dalam RDP tersebut ternyata Satpol-PP Barsel belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) penegakan hukum dan Perda Ketertiban umum.

“Kita pun meminta mereka membuat konsep SOP penegakan hukum dan membuat Rancangan Peraturan Daerah agar bisa dibahas dan disetujui,” kata Raden Sudarto.

Karena, lanjut dia, untuk penertiban ketertiban umum otomatis mereka harus mempunyai payung hukumnya. Kalau tidak ada seperti ini bisa menimbulkan masalah bagi mereka.

“Kalau sudah ada SOP penegakan hukum dan Perda Ketertiban umum dalam mejalankan tugas mereka tidak akan bermasalah,” tandas dia.

Ia mengingatkan, sekali lagi agar segera membuat konsep SOP penegakan hukum dan membuat Raperda ketertiban umum. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru