Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ardiono Petani dari Desa Netampin Berinovasi Kembangkan Mina Padi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Juli 2020 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekitar 900 ekor ikan nila berkeriapan menyambar pakan yang ditaburkan Ardiono (45) pada pinggiran sawah yang terletak persis di samping rumahnya di Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah saat Borneonews meliput kunjungan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur.

Pemandangan yang asri diiringi suara burung walet dan gemericik air yang mengaliri sawah membuat terik matahari tidak lagi terasa, padahal saat itu jam menunjukkan pukul 12.02 WIB.

Di samping rumah itu, Ardiono menanam padi sekaligus memelihara ikan nila pada petak sawah yang sama atau biasa dikenal dengan sebutan mina padi.

Mina padi merupakan suatu bentuk usaha tani gabungan yang memanfaatkan genangan air sawah yang tengah ditanami padi sebagai kolam untuk budidaya yang memaksimalkan hasil tanah sawah.

Dengan mina padi, Ardiono meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus.

Pola tanam ini juga sangat efektif dan efisien karena dapat menghemat sarana produksi pertanian seperti pestisida dan pupuk.

"Saya baru mencoba, tapi kelihatannya hasilnya bagus, hama-hama yang mau menyerang padi biasanya jadi makanan ikan," ungkapnya.

Tempat tinggal dan sawah Ardiono yang hanya berjarak beberapa meter dari Bendungan Karau membuatnya tidak pernah kekurangan air untuk mengaliri sawahnya.

Potensi ini membuatnya berpikir untuk mengembangkan lahan mina padi yang lebih luas jika budidaya kali ini memberinya hasil yang menguntungkan.

"Yang ini untuk makan sendiri dulu, tapi kalau hasilnya bagus mungkin nanti saya akan kembangkan lebih luas lagi," lanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur mengapresiasi inovasi yang dilakukan Ardiono untuk meningkatkan hasil budi daya pertanian dengan mengkombinasikan dengan budi daya ikan.

Sambil ikut menaburkan pakan ikan dan menikmati serunya ikan nila berebut makanan, dia menyampaikan harapannya kepada Koordinator BPP Dusun Tengah dan penyuluh yang mendampinginya agar petani seperti Ardiono diberikan perhatian dan dukungan sehingga dapat berkembang dan menjadi contoh bagi petani yang lain.

"Saya minta penyuluh agar mendata dan menginventarisir potensi seperti ini agar dapat diberdayakan," pesannya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru