Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLT Covid-19 untuk UMKM Barito Timur Disalurkan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Juli 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bantuan Langsung Tunai atau BLT Covid-19 dari Pemprov Kalimantan Tengah yang ditujukan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Kabupaten Barito Timur telah disalurkan.

"Hari ini sudah hari kedua dan yang tersalurkan sudah 252 penerima manfaat dari total 365 pelaku UMKM yang terdaftar," jelas Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, Santai Nyawit saat memantau penyaluran BLT di Bank Kalteng Tamiang Layang, Selasa 21 Juli 2020.

Menurutnya, data pelaku UMKM penerima BLT tersebut berasal dari usulan 5 OPD ke Pemprov Kalteng yakni Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Dinas UMKM dan Bagian Kesra Sekretariat Daerah.

"Data penerima manfaat tersebut bukan berasal dari usulan dinas sosial, kami di dinas sosial hanya melakukan verval dan menyalurkan saja yang teknisnya melalui Bank Kalteng," kata Santai lagi.

Dia menerangkan, data awal yang diterima Dinas Sosial Barito Timur berjumlah 3.199 penerima manfaat, namun setelah dilakukan verval, yang memenuhi kriteria hanya berjumlah 365 KPM saja.


"Selebihnya tidak bisa menerima bantuan karena dobel bansos, meninggal dunia, mampu, alamat tidak ditemukan, pindah dan pekerjaan tidak sesuai kriteria bansos," pungkasnya.

Diketahui, BLT yang diberikan kepada pelaku UMKM hanya untuk satu kali penyaluran saja dengan nilai Rp 500 ribu. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru