Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peduli Pemenuhan Gizi Tenaga Medis, DKP Kobar Berikan Bantuan Hasil Panen Opal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juli 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai bentuk kepedulian Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kobar, dalam pemenuhan pelayanan gizi tenaga medis yang berada di rumah susun RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dengan membeikan bantuan hasil panen Obor Pangan Lestari (Opal) dengan berbagai hasil panen Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

Hasil panen Opal seperti sawi hijau, sawi putih, labu dan cabe dengan teknik penanaman sistem hidroponik ini disalurkan kepada Instalasi Gizi Rumah Sakit Sulltan Imanuddin (RSSI) Pangkalan Bun.

Kepala DKP Kobar Kris Budi Hastuti menyampaikan, petugas medis inilah yang berjuang sebagai garda terdepan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kobar. Sehingga perlunya sumber pangan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang bagi tenaga medis.

"Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat, serta dapat menyediakan sumber pangan yang bergizi dan nutrisi yang seimbang bagi tenaga medis di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun," ujarnya, Rabu, 22 Juli 2020.

Lanjutnya, Opal yang dikelola DKP Kobar merupakan wujud dari kebijakan dan tanggung jawab dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2019, tentang Obor Pangan Lestari. Selain sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan, sebagai sumber pangan dan gizi, akan tetapi juga sebagai upaya penganekaragaman  pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat.


Kris Budi Hastuti juga menambahkan, Opal adalah wujud dari komitmen DKP Kobar, sebagai sumber penghasil Psat dan pemenuhan gizi. Terlebih dengan kondisi sekarang dimana seluruh Indonesia tengah berjuang memerangi dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Opal melalui media tanam hidroponik merupakan komitmen DKP dalam pemenuhan gizi, terlebih ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini," tambahnya.

Sementara itu, pihak RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, yang diwakili oleh Kepala Instalasi Gizi Kholida, menyambut baik bantuan yang diberikan oleh DKP Kobar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada DKP Kobar atas bantuan pangan segar. Semoga pangan segar yang diterima ini nanti dapat menambah nilai gizi petugas medis RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun yang berjuang dalam penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Kobar," kata Kholida. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru