Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Alokasikan APBD Jamin Pelayanan Kesehatan Warga

  • Oleh Hendri
  • 24 Juli 2020 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, pemerintah punya kewajiban mengalokasikan sebagian dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk menjamin pelayanan kesehatan masyarakat.

Hera menjelaskan, alokasi APBD tersebut dalam bentuk manajemen pembiayaan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) yang kemudian direalisasikan dalam bentuk penjaminan melalui BPJS kesehatan.

"Saat ini warga kita yang masuk dalam BPJS baru 89 persen. Kita punya target sampai 95 persen. Oleh sebab itu nanti kita alokasikan sebagian dari APBD untuk mengcover jaminan kesehatan terutama warga tidak mampu dan warga terkena PHK akibat Covid-19," ungkapnya, Jumat, 24 Juli 2020.

Menurutnya, alokasi dana tersebut, antara lain agar digunakan Pemko untuk membayar iuran peserta bantuan iuran di daerah sesuai porsi alokasi dana tersebut.

Sebagai upaya penjaminan tersebut, kata Hera, tim penganggaran melalui BPKAD akan menyesuaikan data yang sudah diperoleh Dinas Sosial Kota Palangka Raya terkait jumlah dan sasaran penerima jaminan tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu opsi pemerintah untuk mengatasi masalah defisit keuangan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Pasalnya, penguatan peran pemerintah merupakan alternatif paling memungkinkan untuk mengatasi defisit pembiayaan jaminan kesehatan.

"Hal itu juga sudah menjadi komitmen pemko demi tercapainya pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat," pungkas Hera. (HENDRI/m)

Berita Terbaru