Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indragiri Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng Buka Acara Operasi Pembasahan Lahan Gambut

  • Oleh Nopri
  • 24 Juli 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng sebagi Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah atau TRGD, Fahrizal Fitri membuka acara Persiapan Pelaksanaan Operasi Cepat Pembasahan Lahan Gambut Terbakar arau OPCLGT dan Operasi Pembasahan Gambut Rawan Kekeringan atau OPGRK, Jumat, 24 Juli 2020.

Kuasa Pengguna Anggaran APBN TP Satuan Kerja DLH Provinsi Kalteng, Esau Tambang mengatakan kegiatan persiapan OPCLGT dan OPGRK ini sebagai sarana sosialisasi teknis administrasi, pembentukan tim pelaksana dan menyampaikan kepada OPD  terkait mengenai kegiatan OPLTGT dan OPGRK kepada para pemangku hak dan kepentingan.

OPCLGT adalah kegiatan dalam rangka penanganan apabila terjadi kebakaran lahan gambut. Sementara OPGRK merupakan kegiatan pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi karhutla dengan upaya membasahi areal sekitar sumur bor yang telah dibangun oleh Masyarakat Peduli Api atau MPA dan Tim Serbu Api Kelurahan.

"Diharapkan dengan adanya OPGRK, lahan gambut akan terbasahi dimusim kemarau," katanya. Diketahui pada2015, kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kalteng berdampak sangat besar dan mengganggu berbagai aspek kehidupan, terutama menurunnya kualitas lingkungan hidup dan terganggungnya kesehatan masyarakat di Kalteng, bahkan sampai mengganggu stabilitas nasional dan internasional.

Sementara itu berdasarkan data, 80 persen bencana Karhutla pada 2015 berasal dari lahan gambut.

Maka dari itu dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat Karhutla, sehingga presiden membentuk Badan Restorasi Gambut yang bertugas mengkoordinasikan dan memfasilitasi gambut salah satunya di Kalteng. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru