Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar: Pendidikan Tanggung Jawab Bersama, Mari Beri Solusi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pendidikan harus terus ditingkatkan baik mutu dan kualitasnya, sehingga untuk mencapainya semua pihak harus memiliki peran serta bertanggung jawab dalam peningkatan mutu pendidikan.

Anggota DPRD Kobar dari Partai Berkarya, Yudie Junas mengatakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat, dan orang tua peserta didik.

"Saran saya bila ada permasalahan, kita jangan memojokkan pihak sekolah ataupun guru, tapi mari bersama mencari solusi yang tepat," ujarnya.

Dia menyampaikan seharusnya jika ada keperluan sekolah, terlebih dulu susun program sekolah dalam bentuk RAPBS (rencana anggaran dan belanja sekolah), kemudian dibahas dengan orang tua siswa yang dipimpin oleh komite sekolah

Diusahakan pelaksanaan rapat jgn pada saat penerimaan peserta didik baru (PPDB). Lalu pembebanan biaya harus mempertimbangkan kemampuan orangtua, apalagi masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

"Kita juga harus memahami dan menghargai keinginan kepala sekolah dan para guru. Mereka itu pingin sekolahnya bertambah maju sehingga perlu biaya, hanya momennya kurang tepat," ungkapnya.

Yudie menegaskan bahwa sekolah maju dan bermutu perlu biaya, tetapi tidak semua sekolah biaya tinggi itu bermutu. Namun bila ada pembelian keperluan sekolah yang diusulkan pihak sekolah, menurutnya itu bukan pungutan.

"Pendapat saya itu bukan pungutan karena ada barang yang dikasih dari sekolah. Mari dewasa ini kita saling memberi solusi, karena pendidikan adalah tanggungjawab bersama," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru