Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kobar Terus Dorong Pembuatan Pakan Ikan Lokal

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2020 - 18:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan terus mendorong pembuatan dan penggunaan pakan buatan dengan berbahan baku lokal dari usaha perikanan.

Kepala Diskan Kobar melalui Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Hermanto mengatakan pengembangan pakan ikan ini dalam rangka pengembangan budidaya ikan di daerah.

Karena pakan ikan merupakan faktor produksi terbesar dalam proses budidaya ikan dengan komposisi mencapai 60-70 persen dari biaya produksi.

"Maka kami terus mencoba dengan berbagai cara untuk mengembangkan pakan ikan secara mandiri dengan bahan baku lokal yang sangat berlimpah," ujarnya.

Salah satu dukungan pengembangan pakan mandiri telah dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Kobar yang telah bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) membangun pabrik pengolahan pakan ikan di Desa Kubu.

"Pasokan pakan ikan sangat penting, sehingga perlunya pakan ikan dari bahan baku lokal untuk peningkatan produksi budidaya," ungkapnya.

Sebagai salah satu faktor utama dalam pembudidayaan ikan, pemenuhan pakan ikan mandiri akan dapat memangkas biaya produksi hingga 30 persen.

Dengan menggunakan produk pakan pabrikan yang didatangkan dari pulau Jawa, harga pakan ikan yang ada di pasaran mencapai 12.500 rupiah per Kg.

Dengan pakan mandiri harganya bisa ditekan hingga menjadi 8.000 rupiah per Kg. Hal ini tentu akan menggairahkan usaha budidaya di Kobar.

Dengan potensi lahan yang sangat luas maka potensi pengembangan budidaya perikanan baik itu budidaya perikanan laut, payau maupun perikanan darat sangat besar.

Berita Terbaru