Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Resepsi Pernikahan Menerapkan Protokol Kesehatan New Normal di Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Juli 2020 - 19:54 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini resepsi pernikahan ataupun hajatan lain mengumpulkan orang banyak di Kotawaringin Timur mulai diperbolehkan. Namun harus dapat izin dari pihak terkait seperti Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah setempat. 

Hal utama jadi perhatian di tengah pandemi adalah penerapan protokol kesehatan. Seperti pada resepsi pernikahan Wahyu Endang Winartiningsih dan Fahrijal. Mereka mengadakan acara di ruang semi terbuka, yakni di RM Kelakai lengkap dengan protokol kesehatan yang diatur pemerintah. 

"Saya mengapresiasi resepsi yang digelar keluarga kedua mempelai. Protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik. Sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kotim," ujar Bupati Kotim Supian Hadi yang hadir dalam acara itu, Minggu, 26 Juli 2020. 

Supian mengatakan bahwa pemerintah tidak melarang masyarakat menggelar resepsi. Namun harus ada laporan ke gugus tugas, agar bisa diberikan rekomendasi dan arahan. Terutama terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 era new normal. 

"Jadi nanti kalau sudah ada laporan diberikan arahan bagaimana agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik. Menerapkan protokol kesehatan," kata Supian. 

Tampak pada acara tersebut diatur menggunakan protokol kesehatan mulai dari undangan yang dibagi dalam 3 zona waktu kedatangan para tamu dan jumlah yang terbatas, wajib pakai masker, menyiapkan cuci tangan pakai sabun, pemeriksaan suhu tubuh, bahkan para tamu diminta identitasnya mulai dari nama, alamat hingga nomor handphone. 

Undangan juga tidak boleh berjabat tangan, saat sesi foto juga disediakan tempat-tempat jaga jarak. Bahkan, untuk menu makanan, keluarga mempelai juga menyiapkan konsumsi kotakan.

"Hal ini adalah upaya kita untuk dapat memutus mata rantai Covid-19. Karena kita tidak tahu siapa yang terjangkit dan siapa yang tidak terjangkit virus tersebut," terang Supian.

Seniwantoko, perwakilan dari pihak keluarga menyampaikan terima kasih kepada Gugus Tugas Covid-19 karena sudah memberi arahan sehingga acara tersebut berjalan dengan lancar sesuai protokol kesehatan.

Berikut video resepsi pernikahan menerapkan protokol kesehatan new normal tersebut: 

Berita Terbaru