Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Mengajarkan Anaknya Waspada Kejahatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Juli 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta untuk mengajarkan kepada anaknya agar waspada terhadap segala bentuk kejahatan. Terutama bagi perempuan, terkait dengan kasus asusila. 

"Anak adalah tanggung jawab orangtua. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita ajarkan kewasadaan terhadap tindak kejahatan," ujar Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin, Senin, 27 Juli 2020. 

Hal tersebut ditekankan karena dalam 2 pekan terakhir, di Sampit terjadi 2 kasus asusila. Korbannya 2 orang anak perempuan yang masih di bawah umur yakni 13 tahun dan 14 tahun. 

Kasus tersebut menjadi atensi pihaknya. Pelakunya sudah ditangkap, dan diancam dengan hukuman berat yakni maksimal 15 tahun penjara. 

"Dari kedua kasus tersebut, peran orangtua adalah yang utama karena anak seumur itu masih labil. Sehingga, sudah seharusnya orangtua menjaga dan mengawasinya," pesan A H Jakin.

Pendidikan ilmu agama adalah, lanjut dia, cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Begitu juga dengan akhlak dan pembelajaran terkait waspada kejahatan. 

Jangan sampai, tambahnya, anak-anak menjadi korban, hanya karena ketidaktahuan dan minimnya ilmu agama yang dimiliki. Oleh karena itu, orangtua diminta terus mengawasi apa saja kegiatan anaknya, baik di dunia nyata, maupun di dunia maya yakni media sosial. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru