Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLT DD Tahap II Desa Runggu Raya Berkurang Menjadi Rp 300 Ribu/Bulan, ini Penjelasan Kades

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 Juli 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Runggu Raya, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur akan melanjutkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT DD tahap II. Namun, nilainya berkurang dari sebelumnya.

"Sesuai hasil musyawarah desa khusus, untuk penyaluran BLT DD tahap II yakni Agustus, September dan Oktober tetap disalurkan kepada 79 keluarga penerima manfaat. Namun nilainya berkurang menjadi Rp 300 ribu," kata Kepala Desa Runggu Raya, Catur Karya, Senin 27 Juli 2020.

Menurutnya, anggaran yang dialokasikan BLT DD di desa sebesar 30 persen dari besaran Dana Desa atau sekitar Rp 252 juta.

"Jadi untuk penyaluran BLT DD tiga bulan ke depan anggarannya masih cukup," imbuh Catur.

Dia melanjutkan, setelah penyaluran tahap II, masih ada anggaran tersisa dari alokasi bantuan sosial tersebut untuk disalurkan tahap III. Namun, jumlah penerima akan berkurang karena menyesuaikan sisa anggaran.

"Nanti akan ada pengurangan 66 penerima pada dua bulan terakhir yaitu November dan Desember," ungkapnya.

Terkait itu, Catur meminta warga Desa Runggu Raya agar memahami hal ini sehingga tidak terjadi konflik akibat adanya warga yang keberatan.

"Kalau ada yang keberatan dan tidak setuju lantaran tidak lagi menerima pada tahap III, bisa jadi nanti tidak dibagi semua. Tapi saya tetap berharap warga mau menerima hasil musyawarah nanti," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru