Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gugus Tugas Covid-19 Murung Raya Sehari Swab 18 Warga

  • Oleh Trisno
  • 28 Juli 2020 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Instruksi Kementerian Kesehatan RI setiap daerah diminta melakukan uji sampel Swab terhadap 10 persen dari jumlah penduduknya dan instruksi tersebut mulai dilaksaakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya (Mura).

Di mana berdasarkan penjelasan perwakilan gugus tugas yang juga kepala Dinas Kesehatan Mura, dr. Suria Siri bahwa pihaknya mendapatkan instruksi untuk melakukan swab terhadap minimal 10 persen dari jumlah penduduk.

Sehingga ditargetkan sekitar 14 ribu lebih warga Mura akan menjalani swab nantinya dan apabila dirincikan pihaknya akan melaksanakan uji sab minimal 18 orang per hari.

Namun pengambilan uji sampel swab itu kata dr. Suria dikhususnya bagi masyarakat yang bberdasarkan riwayat memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif termasuk juga yang menunjukan hasil reaktif tersebut rapid test.

“Kami akan berupaya memenuhi target tersebut, setiap harinya aka nada sebbanyak 18 kali uji swab terhadap 18 warga, itu minimal, berdasarkan instruksi Kementerian Kesehatan. Dan kami berharap masyarakat bisa kooperatif terhadap aksi tersebut dalam rangka mempercepat pemutusan mata rantai penularan Covid-19” katanya, Senin, 27 Juli 2020.

Hasil uji swab yang dilakukan sampelnya dikirimkan ke Palangka Raya untuk di PCR, lebih cepat dari sebelumnya yang harus mengirimkan ke Surabaya atau Jakarta untuk PCR.

Itu yang mengakibatkan terus terjadi penamahan jumlah pasien terkonfirmasi Positif dari hasil PCR karena hasilnya bisa dengan cepat diketahui dan tentu semakin cepat pasien terkonfirmasi positif diketahui maka semakin baik dan cepat penanganan dan tracking yang dilakukan.

Saat ini upaya tracking dan screaning terus dilakukan secara agresif terhadap wwarga yang kontak erat, sehingga hal itu membuat deteksi terkonfirmasi positif lebih cepat dan mengakibatkan jumlah terkonfirmasi bbertambah setiap harinya.

Up date pertanggal 26 Juli jam 3 sore, kondisi perkembangann Covid-19 Mura mencapai 116 orang yang terkonfirmasi positif, dengan rincian 1 probable, terkonfirmasi 26 dan yang sembuh sebanyak 89 orang dan 1 orang meninggal dunia.

Untuk kecamatan yang terbanyak terhadap warga yang positif Covid-19 di antaranya Tanah Siang Selatan, Murung dan Laung Tuhup. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru