Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Tetap Produksi Padi Sawah Barito Timur Tahun 2019 Meningkat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Juli 2020 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Angka tetap produksi tanaman padi sawah di Kabupaten Barito Timur pada tahun 2019 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini terungkap saat Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur mengikuti zoom meeting bersama Badan pusat Statistik atau BPS Kalimantan Tengah dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng, Selasa 28 Juli 2020.

"Kita bersyukur angka tetap produksi padi kita dibanding pada tahun 2018 mengalami peningkatan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi saat diwawancarai usai kegiatan tersebut.

Dia mengungkapkan data dari BPS Kalteng, pada tahun 2018 angka tetap produksi padi sawah Barito Timur sebesar 3,185 ton per hektare, sedangkan pada tahun 2019 mengalami peningkatan menjadi 3,206 per hektare.

Luas panen padi sawah juga mengalami peningkatan yakni pada tahun 2018 seluas 6.610 hektare menjadi 7.807 hektare pada tahun 2019.

Menurut Riza, dengan adanya peningkatan produksi padi sawah tadi, menunjukkan bahwa apa yang dikerjakan dinas pertanian bersama petani selama ini mengalami peningkatan, dan dia berharap angka produksi tersebut terus meningkat pada tahun-tahun berikut.

"Karena itu saya sering turun ke lapangan untuk memotivasi petani-petani agar terus memaksimalkan potensi lahan sawah yang ada dengan melakukan penanaman lebih dari satu kali dalam setahun sehingga meningkatkan produksi padi," lanjut Riza.

Dia juga memastikan komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan produksi padi sawah dengan menyiapkan sarana produksi berubah pengairan yang baik.

"Kita akan terus meningkatkan pembangunan sumber-sumber air seperti embung, long storage dan sakuran tersier yang juga didukung oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV untuk memaksimalkan potensi air sungai sehingga pada musim tanam avril sep dapat dimanfaatkan untuk mengairi tanaman padi sawah," pungkasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru