Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas dan DPRD Sepakati KUA-PPAS APBD 2021

  • 28 Juli 2020 - 19:20 WIB

BORBEONEWS,  Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas bersama DPRD setempat menandatangani kesepakatan bersama tentang Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara atau KUA - PPAS APBD 2021, Selasa, 28 Juli 2021.

Penandatangan dilakukan Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, bersama Ketua DPRD, Akerman Sahidar, Wakil Ketua I, Binartha dan Wakil Ketua II, Neni Yulianti.

Dalam sambutannya Jaya S Monong menyampaikan terima kasih kepada pimpinan DPRD dan anggota yang telah bersama-sama menyusun, membahas, dan menyempurnakan rancangan KUA-PPAS APBD.

"Dengan penandatanganan ini, eksekutif dan legislatif pada hakekatnya punya tanggungjawab yang sama melalui fungsi dan kewenangannya masing-masing guna mencapai keberhasilan pelaksanaan pembangunan tahun 2021," katanya. 

Dia mengatakan sesuai ketentuan yang berlaku, nota kesepakatan tersebut menjadi landasan berharga untuk menyusun RAPBD 2021.

Dia juga mengatakan terkait perubahan regulasi yang menyebabkan terjadinya perubahan kebijakan pengelola keuangan daerah, seperti pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019. Salah satunya perubahan pada struktur APBD yang dimulai pada perencanaan dan penyusunan APBD 2021.

"Perubahan tersebut menyesuaikan dengan PP Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, berupa penyesuaian dengan sistem laporan keuangan," ujarnya. 

Berdasarkan prinsip, asas dan landasan umum penyusunan,  pelaksanaan,  penatausahaan, serta pertanggungjawaban keuangan daerah yang diatur dalam PP tersebut, pemkab diharapkan mampu menciptakan sistem pengelolaan keuangan daerah yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan. 

"Pengelolaan keuangan daerah ini juga harus tetap menaati peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, serta selalu meninjau sistem tersebut terus menerus.  Sehingga terwujud pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, dan transparan," tuturnya. (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru