Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Juli 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Menjelang Hari Raya Idul Adha tanggal 31 Juli 2020, Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur melakukan pemeriksaan kesehatan 63 ekor sapi kurban di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Pematang Karau.

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur, Riza Rahmadi mengungkapkan hasil pemeriksaan hewan kurban tersebut semua dalam kondisi sehat.

"Saat pemeriksaan antemortem kami tidak menjumpai sapi terjangkit penyakit, sehingga aman untuk dijual dan dikonsumsi," jelas Riza di Tamiang Layang Rabu 29 Juli 2020.

Riza juga meminta kepada para peternak agar tidak menjual sapi betina produktif demi menjaga populasi hewan potong.

"Kami minta kepada peternak agar hewan kurban yang dijual adalah yang jantan, jangan yang betina dan masih produktif," lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Produksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Junia Hariyanti menambahkan bahwa pihaknya pada saat hari penyembelihan hewan kurban akan turun lapangan lagi.

"Nanti pada saat penyembelihan hewan kurban kami akan turun lapangan, untuk mengecek kesehatan daging, limpa hati, organ hati dan lainnya, barangkali ada penyakit cacing pita di dalam tubuh hewan tersebut," kata Junia.

Dia menjelaskan, kriteria fisik hewan kurban yang layak disembelih yaitu harus sehat, tidak cacat, tidak kurus, cukup umur dan sebaiknya jantan.

"Pada saat penyembelihan hewan kurban, panitia harus menjaga jarak fisik, mengenakan APD, memeriksakan kesehatan awal atau suhu tubuh, dan penerapan higenitas dan sanitasi dengan menyediakan fasilitas cuci tangan," pungkasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru