Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kapuas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 Juli 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kapuas melalui Bidang Peternakan telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, dengan mendatangi tempat penjualan hewan kurban yang ada di wilayah setempat.

Pemeriksaan dilaksanakan tim teknis, dilakukan guna memastikan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong, sehingga dalam pelaksanaan ibadah kurban dapat berjalan lancar.

Kasi Kesehatan Hewan selaku Tim teknis pemeriksa hewan kurban, drh Anik Ariswandani, mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan pihaknya adalah secara antemortem sebelum hewan tersebut di potong untuk di qurbankan.

"Dari beberapa tempat penjualan hewan qurban yang kami lakukan pemeriksaan hewannya rata-rata sudah bagus dari segi kesehatannya maupun penanganannya," kata Anik, Kamis, 30 Juli 2020.

"Jadi, dari peternak sendiri rata-rata sudah mengetahui bahwa ternak yang layak di kurbankan itu seperti apa," lanjut dia.


Anik menuturkan bahwa ternak sapi yang layak untuk di kurbankan dari segi kesehatannya tidak ditemukan tanda-tanda penyakit menular antara lain kulitnya bersih, tidak ditemukan kasus diare, tidak ditemukan darah dari lubang tubuh. "Dari matanya juga terlihat cerah tidak ada tanda-tanda penyakit," tuturnya.

Selain itu, ia berharap dengan adanya pemeriksaan hewan kurban ini dapat memastikan kesehatannya, sehingga saat dikonsumsi masyarakat aman, dan nyaman. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru