Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Bangun Rumah Potong Hewan Modern

  • Oleh Hendri
  • 31 Juli 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) sedang melakukan pembangunan Rumah Potong Hewan atau RPH baru dengan peralatan serba modern.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan pembangunan RPH tersebut untuk meningkatkan hasil produksi daging yang sesuai standar kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet). 

"RPH yang baru nanti memiliki sejumlah fasilitas, mulai dari kantor utama, kantor administrasi, ruang pemotongan hewan yang dilengkapi alat restrain box, rel gantung karkas dan ruang uji laboratorium," katanya.

Selain itu RPH yang baru juga akan dilengkapi ruang pelayuan karkas atau daging, cool storage, ruang pemeriksaan post mortum, 
pemeriksaan ante mortum hingga ruang pemotongan hewan darurat.

"Juga rencananya nanti ada kandang penampungan ternak sementara yang baru, rumah rumen, ipal, tempat penurunan sapi, musala serta mess dokter dan pos jaga," jelasnya.

Dia berharap, RPH yang baru mampu menjadi pilot project RPH modern menggunakan mekanisasi. Dengan begitu semua produk yang dikeluarkan dari RPH ini menganut standar aman, sehat, utuh dan halal. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru