Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BRI Mengambil Peran Dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Oleh Teras.id
  • 01 Agustus 2020 - 07:30 WIB

TEMPO.CO Jakarta - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengambil peran dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. Sebagai bank yang memiliki fokus terhadap pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), BRI secara konsisten melakukan upaya penyelamatan dan membangkitkan UMKM akibat dampak dari pandemi COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama BRI Sunarso dalam acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Telkom yang dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo di Kantor Pusat BRI, Jakarta, 30 Juli 2020.

Sunarso menjelaskan bahwa sejak awal pandemi terjadi, BRI memfokuskan diri untuk membantu pelaku UMKM karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional. “Upaya pertama yang dilakukan BRI yakni dengan gencar melakukan restrukturisasi pinjaman, dan hingga saat ini BRI telah melakukan restrukturisasi pinjaman senilai Rp 179,17 Triliun kepada 2,88 juta pelaku UMKM,” tuturnya.

Upaya lain yang dilakukan perseroan yakni memastikan para pelaku UMKM tetap mampu melakukan aktivitas ekonominya dengan memberikan tambahan modal usaha. “Dalam satu bulan BRI mampu menyalurkan pinjaman yang berasal dari penempatan dana PEN dua kali lipat, yakni sebesar Rp 24,94 triliun kepada lebih dari 583 ribu pelaku UMKM.

Ini sesuai janji kami, dimana BRI menargetkan untuk meleverage pinjaman sebesar Rp 30 Triliun dalam tiga bulan. Upaya ini untuk mengungkit kembali kemampuan ekonomi UMKM sehingga roda ekonomi terus berputar,” ujar Sunarso.

Pada saat bersamaan BRI juga menyalurkan stimulus tambahan subsidi bunga sebesar Rp 752,1 miliar kepada 5,25 juta rekening pinjaman KUR dan non KUR. Hal ini dilakukan BRI untuk meringankan beban para pelaku UMKM. “Secara aktif kami berkoordinasi dengan Kemenkeu dan Kemenkop UKM untuk mempercepat penyaluran subsidi bunga ini,” ucapnya.

Sejalan dengan visi BRI di tahun 2022 untuk menjadi The Most Valuable Bank in Southeast Asia & Home to the Best Talent, BRI telah melakukan serangkaian transformasi yang salah satunya transformasi digital. Transformasi digital diimplementasikan melalui strategi transformasi proses bisnis (digitize) dan transformasi model bisnis (digital) dalam waktu yang bersamaan.

Sejak tahun 2018, BRI berhasil mengakselerasi proses persetujuan kredit dari semula dua minggu menjadi kurang dari dua hari melalui aplikasi mobile BRISPOT. Sementara itu, dalam rangka Empowering Indonesian Rural Economy, Bank BRI hadir dengan Agen BRILink yang terus tumbuh dimana saat ini terdapat lebih dari 434 ribu agen, melayani lebih dari 52 ribu desa diseluruh Indonesia dengan jumlah transaksi finansial mencapai 321 juta transaksi.

Pada transformasi model bisnis, BRI mengembangkan Digital Ecosystem dengan menjadi Open Banking yang mampu melakukan kolaborasi digital secara masif, aman, dan cepat dengan berbagai mitra layanan digital seperti e-Commerce, Fintech, Ride-sharing, Agritech, dan Edutech, termasuk mengembangkan digitalisasi ekosistem pasar tradisional yang saat ini sudah mulai mendigitalisasi lebih dari 4.300 pasar di seluruh Indonesia sebagai solusi menghidupkan pasar ditengah pandemi COVID-19 yang dikenal dengan inisiatif 'Web Pasar'.

“Saat ini BRI juga tengah mengembangkan ekosistem desa sebagai simpul pemberdayaan ekonomi,” kata Sunarso.

Berita Terbaru