Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lamandau Masih Zona Merah, Hasil Swab 13 Warga Terkonfirmasi Negatif Covid-19

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 01 Agustus 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Status Kabupaten Lamandau hingga 1 Agustus 2020 masih zona merah Covid-19. Hal itu seiring adanya satu orang terkonfirmasi positif covid-19 yang masih menjalani observasi dan isolasi di Pusat Karantina Terpadu Mess Desa Kabupaten Lamandau.

Sementara itu, swab test untuk 13 warga hasil tracking Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau menunjukkan negatif.

"Alhamdulillah beberapa hari lalu telah keluar juga hasil swab test pertama untuk 13 warga, dan hasilnya negatif covid-19," kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Lamandau, H Hendra Lesmana, Sabtu 1 Agustus 2020.

Bupati Lamandau itu juga meralat pernyataan sebelumnya perihal warga yang kini berstatus positif covid-19 di Lamandau merupakan karyawan PT Menthobi Makmur Lestari (MML) yang berprofesi sebagai driver.

"Yang positif Covid-19 itu bukan karyawan PT MML, melainkan mantan karyawan salah satu perusahaan yang sejak bulan Juni lalu telah resign. Karena untuk yang karyawan PT MML justru hasil swab test pertamanya terkonfirmasi negatif covid-19, sama seperti 12 warga lainnya," tegas Bupati Hendra. 

Keluarnya hasil swab test untuk 13 orang warga dengan hasil negatif Covid-19 cukup membuat lahan lega semua pihak. Meski demikian, gugus tugas berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara itu, juru bicara tim Gugus Tugas Covid-19 PT MML, Kamaludin mengaku senang dengan hasil negatif berdasarkan hasil swab terhadap salah satu karyawannya.

"Alhamdulillah, saya mewakili perusahaan sangat bersyukur yang bersangkutan negatif covid- 19," ungkapnya.

Kamaludin menjelaskan, sebelumya pihak perusahaan melalui tim gugus tugasnya telah melakukan upaya penanganan setelah satu orang karyawannya diisolasi di mess desa.

"Kami segera melakukan penelusuran dan telah menyiapkan nama-nama karyawan hasil tracking yang nantinya akan menjalani rapid test maupun swab test, namun karena hasil swab karyawan kami yang diisolasi itu negatif artinya perusahaan kami aman dan bebas covid-19," jelas Kamaludin.

Berdasarkan data covid-19 Kabupaten Lamandau terbaru hingga 1 Agustus 2020 diketahui 1 orang positif Covid-19, tiga orang berstatus ODR, kasus konfirmasi tanpa gejala 3 orang, kontak erat 4 orang, suspek nihil, 17 orang telah dinyatakan sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru