UMKM dan Pariwisata di Kotawaringin Barat Dihidupkan Lagi per Awal Agustus 2020

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Agustus 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Nurhidayah menyampaikan, pre awal Agustus ini aktivitas bisnis sektor UMKM dan pariwisata akan dihidupkan lagi. Sebelumnya, banyak sektor UMKM dan pariwisata yang aktivitasnya terpaksa dihentikan sementara, terutama sejak awal pandemi covid-19.

"Hal ini bertujuan untuk mengaktifkan kembali roda perekonomian masyarakat. Karena saat terjadi pandemi covid-19, banyak pelaku wisata yang terpaksa menghentikan aktivitasnya," kata Nurhidayah, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Bupati Kotawaringin Barat menambahkan, imbas dari hal tersebut turut berpengaruh terhadap sektor lainnya.

"Penghentian sementara sektor pariwisata juga berdampak pada sektor lain, seperti penginapan, perhotelan, transportasi, pertunjukan, pelaku seni dan budaya seperti seni tari, pelukis, industri suvenir, dan kuliner," jelasnya.

Walau demikian, dalam pelaksanaan aktivitas sektor UMKM dan pariwisata nantinya, pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan di wahana atau lokasi usaha.

"Ini merupakan salah satu strategi pemkab agar bisa memulihkan kondisi perekonomian beberapa sektor usaha masyarakat, setelah sebelumnya sempat terhenti," pungkas dia. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru