Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rudi Solam Asal Pangkalan Bun (3): Nama Rudi Solam Diambil Lantaran Profesinya Sebagai Penyelam Tradisional

  • Oleh Wahyu Krida
  • 02 Agustus 2020 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meskipun nama asli Rudi Solam sangat jauh berbeda dengan nama aalinya yaitu Milhasanur, namun menurut konten kreator YouTube kocak asal Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ini, nama tersebut merupakan julukan dari profesinya.

"Biasanya saya sering diminta warga melakukan penyelaman di Sungai Arut untuk mengangkat perahu yang tenggelam. Profesi ini sudah saya geluti selama 14 tahun. Karena kata Solam artinya adalah selam. Sedangkan nama Rudi entah bagaimana bisa ada. Pokoknya enak disebut saja," ujarnya sambil terkekeh.

Rudi Solam menceritakan, lantaran senang melihat orang tertawa gembira, ia bersama anak-anaknya sering menampilkan aksi kocak pada setiap event yang dibuat Pemkab Kobar.

"Misalnya saat Pawai Nasi Adab, saya dan anak sengaja ikut pawai dengan membawa tampilan lokal seperti tradisi meayun anak namun dengan aksi konyol. Syukurlah banyak masyarakat yang tertawa  dan senang atas aksi kami," jelas Rudi Solam, Minggu, 2 Agustus 2020.

Seiring perkembangan teknologi digital, Rudi Solam kemudian tertarik untuk membuat film pendek dan menampilkan kekonyolan lakon dengan tokoh utama adalah dirinya sendiri pada akun YouTube miliknya yaitu Solam Mania.

"Tahun 2016, saya cuma iseng bikin video pendek. Ternyata banyak orang yang suka. Walaupun awalnya kami terkesan seadanya saat mengambil gambar, namun saat ini kami terus belajar dan memperbaiki kualitas tampilan dan isi konten yang disajikan," jelas Rudi Solam.

Menurut Rudi Solam, ia sengaja membuat konten dengan menggunakan bahasa lokal agar isi video yang ditampilkannya terasa  lebih dekat pada keseharian warga.

"Karena ini adalah bagian dari budaya saya, karena itulah sengaja saya ekspor, paling tidak dari isi dan bahasa yang bisanya terjadi dilingkungan tempat tinggal saya setiap hari. Syukurlah banyak yang menyukainya," ujar Rudi Solam. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru