Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mau Bentuk Tubuh Ideal Lakukan Sit Up dan 4 Gerakan Olahraga Ini

  • Oleh Teras.id
  • 03 Agustus 2020 - 11:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Setiap orang tentu memiliki pilihan olahraga sesuai dengan preferensi masing-masing individu. Namun ada salah satu pilihan yang menarik yaitu olahraga seluruh tubuh alias full-body workout. Jenis olahraga ini dapat membantu mencapai bentuk badan ideal, tapi harus disertai dengan pola makan sehat juga.

Selain itu, konsistensi juga menjadi kunci ketika menjadikan olahraga seluruh tubuh sebagai salah satu “senjata” mencapai bentuk badan ideal. Namun bentuk atau berat badan ideal tak seharusnya menjadi target utama melakukan olahraga seluruh tubuh, tapi ada yang lebih penting yaitu menjaga tubuh bugar dan sehat. Dengan aktif bergerak juga mampu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Jenis olahraga seluruh tubuh untuk mencapai berat badan ideal

1. Lunges

Lunges termasuk salah satu gerakan pemanasan dinamis, yang mengandalkan keseimbangan. Tak hanya itu, lunges juga meningkatkan kekuatan di kaki hingga panggul. 

Cara melakukannya:
- Berdiri tegak dengan kedua kaki selebar pundak
- Satu kaki maju ke depan, lalu tekuk 90 derajat
- Pastikan lutut tidak lebih maju ketimbang kaki
- Bergantian, tekan kedua kaki dengan bertumpu pada kekuatan kaki yang ada di depan
- Ulangi dengan kaki sebelah
Lakukan 3 set dengan 10 repetisi

2. Push-up

Olahraga seluruh tubuh atau full-body workout yang paling efektif dan sederhana adalah push-up. Ketika melakukan push-up, hampir seluruh otot tubuh ikut bekerja dan terlatih kekuatannya. Bagi pemula, ada banyak pilihan gerakan push-up dengan modifikasi.

Cara melakukannya:
- Lakukan posisi plank dan pastikan punggung serta bokong tidak turun
- Posisi leher tetap netral
- Tekuk kedua siku dan turunkan badan ke lantai
- Ketika dada hampir menyentuh lantai atau mat, kembali luruskan siku kembali ke posisi semula
- Selama melakukan pushup, kedua siku harus berada dekat dengan tubuh
- Lakukan 3 set dengan repetisi sesuai kekuatan masing-masing

3. Squat

Squatting partially. boldsky.com

Gerakan squat juga melatih kekuatan otot perut dan tubuh bagian bawah. Bonusnya, paha dan punggung bawah juga menjadi lebih fleksibel. Gerakan squat merupakan salah satu olahraga seluruh tubuh yang melibatkan otot terbesar tubuh. Bonusnya, kalori yang terbakar pun banyak cocok bagi yang sedang menargetkan bentuk badan ideal.

Berita Terbaru