Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Barito Timur di Palangka Raya Gelar Diskusi Virtual

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Agustus 2020 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Himpunan Mahasiswa Barito Timur atau Hima Bartim di Kota Palangka Raya menggelar diskusi virtual dengan tema Peran dan Semangat Pemuda dalam Mengisi 75 Tahun Indonesia Merdeka di Tengah Covid-19, Senin, 3 Agustus 2020 sore.

Ketua HIMA Bartim, Obi Seprianto menjelaskan, diskusi ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Timur ke 18, serta menyambut Hari Kemerdekaan RI yang ke 75.

Dalam diskusi yang diikuti puluhan mahasiswa asal Barito timur tersebut, tampil sebagai narasumber yakni Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Arianto S Muler, Wakapolres Barito Timur Kompol Donal Harianja, dan Tokoh Pemuda, Raffy Hidayatullah.

Ariantho S Muler menyampaikan, tugas mahasiswa atau pemuda dalam membangun Barito Timur dibagi dalam dua tahap yaitu masa studi dengan memberikan sumbangsih pemikiran kepada penyelenggara pemerintah di daerah untuk tujuan pembangunan daerah.

"Tahap kedua yaitu pasca studi dengan mengabdikan diri untuk pembangunan di daerah dengan segala pengalaman dan apa saja yang didapat saat menjalankan studi serta bekerja jujur dan ikhlas untuk daerah," ujarnya.

Dia juga berharap mahasiswa Barito Timur sebagai penerus kepemimpinan di masa yang akan datang dapat menjadi agen perubahan, agen pengembangan, agen mordenisasi serta membangun pendidikan dan memiliki loyalitas dan kecintaan yang tinggi terhadap daerah.

Sementara itu, Wakapolres Barito Timur, Kompol Donal Harianja juga menyampaikan peran dan semangat pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Peran pemuda dibagi dalam 4 peran utama seperti peran dalam bidang ideologi yaitu pemuda harus menumbuhkan rasa nasionalisme untuk membentengi diri dari ancaman yang bersifat radikalisme berpotensi menghancurkan persatuan," ujar Donal.

Kedua, peran dalam bidang politik. Namun pemuda banyak menghindari dunia politik karena dianggap sarang kejahatan dan pemuda banyak dimanfaatkan untuk kepentingan orang-orang tertentu, sehingga ini menyebabkan integritas politik menjadi berkurang. Karena itu perlu inovasi dan keterlibatan pemuda untuk meningkatkan kualitas politik yang baik di negeri ini.

Dan peran ketiga yakni dalam bidang ekonomi yaitu pemuda harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

"Dan yang terakhir dalam bidang sosial budaya secara terkhusus di tengah pandemi covid-19 harus mampu menjadi pelopor adaptasi kebiasaan baru, menjadi penggerak protokol kesehatan," imbuhnya.

Sedangkan tokoh pemuda, Raffy Hidayatullah menyampaikan, pemuda harus seperti api yang berkobar, untuk menghadapai segala permasalahan dan rintangan.

"Pemuda juga harus sekolah setinggi-tingginya dan mengimplementasikan pengetahuan tersebut di daerah karena daerah sangat memerlukan SDM yang berkualitas," kata Raffy.

Dia juga mengajak pemuda agar melestarikan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Barito Timur, serta mulai belajar untuk berwirausaha.

"Pemuda harus mulai memikirkan untuk mendirikan UMKM, dan memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk bertani untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Barito Timur," lanjutnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru