Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harus Ada Peternakan Skala Besar di Murung Raya

  • Oleh Trisno
  • 04 Agustus 2020 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kebutuhan daging di Kabupaten Murung Raya (Mura) masih ketergantungan pasokan dari luar daerah. Hal ini menandakan peternakan sapi di kabupaten paling Utara Kalteng tersebut belum menunjukkan progres yang baik.

Untuk itu Bupati Mura Drs. Perdie MA yang menginginkan bahwa Kabupaten Mura harus segera punya lahan peternakan skala besar khususnya peternakan sapi. Hal itu untuk kedepan dapat memenuhi kebutuhan daging sapi bagi masyarakat.

Bentuk konkritnya kata Bupati Pemerintah membangun lahan peternakan sapi skala besar yang berlokasi di Sungai Gula Kecamatan Permata Intan dengan luasan lahan ratusan hektar.

“Pemanfaatan lahan sudah hampir beres, di mana saat berkoordinasi dengan Kantor Pengelolaan Hutan Produksi  dan sudah ditetapkan lahan peternakan di Sungai Gula sudah bisa dimanfaatkan” kata Bupati belum lama ini di Puruk Cahu.

Namun kedepan, dirinya mengharapkan masyarakat juga ikut berpartisipasi dan teriibat dalam pengelolaan ternak sapi skala besar tersebut, namun sebbelumnya tentu harus mendapat bimbingan dan pendampingan.

Sehingga target swasembada daging bisa dicapai, dan cikal bakalnya adalah lahan peternakan sapi di Desa Sungai Gula tersebut.

Bupati juga mengungkapkan alasan kuat dipilihnya kecamatan tersebut sebagai perencanaan peternakan sapi skala besar karena luas lahan rumput yang cocok sebagai perkembangan peternakan hewan tersebut.

“Dibandingkan kecamatan lain, Kecamatan Permata Intan khususnya Desa Sungai Gula sangat cocok untuk peternakansapi ini karena luas padang rumput serta lahan datar cukup mendukung untuk melakukan hal tersebut.,” ungkap Perdie.

Perdie jugamengungkapkan tentunya rencana tersebut juga bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat di pedesaan yang sekarang dalam mencari pekerjaan cukup sulit dilakukan. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru