Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sorong Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontak Erat dengan Pasien Covid-19, Ratusan Warga Muara Laung Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya

  • Oleh Trisno
  • 04 Agustus 2020 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya (Mura) menggelar tes cepat atau rapid test secara massal di Pasar Kelurahan Muara Laung, Kecematan Laung Tuhup.

Rapid test yang dimulai sejak Minggu, 2 Agustus 2020 itu diikuti ratusan warga. Rapid test dilakukan karena adanya lonjakan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Muara Laung.

Hasil pelaksanaan rapid Test tersebut seluruhnya non reaktif.  "Ada ratusan warga yang menjalani rapid test khusunya yang memiliki riwayat kontak, namun selurunya dinyatakan non reaktif. Ini informasi yang sangat positif dan patut disyukuri,” katanya Kepala Dinas Kesehatan, dr. Suria Siri, Senin, 3 Agustus 2020.

Rapid test massal di Kelurahan Muara Laung dihadiri Wakil Ketua Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mura, Rejikinoor yang juga selaku Wakil Bupati Mura  didampingi Ketua Harian Gugus Tugas, Hermon, Kepala Dinas Kesehatan dr. Suria Siri, Kepala BPBD, Kariadi, Camat Laung Tuhup, Supriadi Usup, Kapolsek Laung Tuhup, Iptu Jadiman dan unsur Tripika.

Kala itu, Rejikinoor mengatakan, kegiatan rapid test tersebut adalah bagian dari upaya pencegahan untuk mendeteksi lebih dini orang-orang yang mungkin terpapar Covid-19 karena datang dari zona merah namun tidak menunjukkan gejala sakit atau biasa di sebut OTG.

"Kenapa kami turun langsung kelapangan, karena saat ini di Kecamatan Laung Tuhup tren kasus positif Covid-19 semakin naik . Nah, untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini, maka kami meminta dukungan seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Laung Tuhup bisa ikut serta dalam rapid test massal,  Sehingga nantinya apa yang menjadi kekhawatiran kita bisa ditangani dengan baik," Tutur Rejikinoor.

Menurutnya, berkat kerjasama semua komponen unsur pemerintah daerah dan pihak TNI, Polri sehingga kegiatan rapid test massal ini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan paling tidak dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di khususnya di Kecematan Laung Tuhup ini bisa ditangani dengan seksama.

"Nanti para pedagang ini akan diberikan tanda bahwa sudah selesai mengikuti kegiatan rapid test massal, dengan tujuan karena aktivitas pedagang ini cukup tinggi. Sehingga, ditakutkan kita betul-betul menjaga masyarakat akan tetapi dari mereka juga membawa hal yang menjadi kekhawatiran kita saat ini," Tuturnya.

Di samping kegiatan rapid test massal, Tim Gugus Tugas juga melakukan pembagian masker secara gratis di pasar maupun tempat pelaku usaha lainnya kepada masyarakat yang terlihat tidak menggunakan masker, selanjutnya memberikan himbauan agar masyarakat yang berjualan tetap mengutamakan protokol kesehatan guna upaya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru