Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peluang Sektor Pertanian Masih Menjanjikan

  • Oleh Naco
  • 04 Agustus 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie A Gagah  terus mendorong  masyarakat untuk mengembangkan pertanian karena peluangnya dinilai masih sangat besar.

Selain itu juga ia meminta agar memanfaatkan lahan-lahan pekarangan yang masih tersisa untuk ketahanan pangan keluarga.

"Sektor pertanian masih sangat menjanjikan karena permintaan masih sangat tinggi, sementara produksi kita belum sebanding sehingga sebagian komoditas pertanian masih mengandalkan pasokan dari luar daerah untuk mencukupi permintaan," kata Rinie, Selasa, 4 Agustus 2020.

Melihat besarnya potensi bidang pertanian, dirinya sangat mendukung masyarakat Kotawaringin Timur menggeluti bidang ini. Apalagi, potensi lahan pertanian di daerah ini masih sangat luas. 

Saat ini banyak lahan telantar yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian sehingga menjadi produktif. Pemasarannya juga cukup mudah karena permintaan di daerah ini masih tinggi. 

Politisi PDIP ini memanfaatkan waktu senggangnya untuk turun ke lapangan. Seperti akhir pekan tadi, dirinya menyambangi petani sayur di Jalan Teratai, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotim.

Ia berbincang dengan petani terkait kendala maupun aspirasi untuk meningkatkan pertanian. Informasi yang didapat akan menjadi bahan penting bagi wakil rakyat untuk diperjuangkan saat pembahasan dengan eksekutif. 

"Potensi pertanian ini masih sangat bagus. Kita masih banyak memiliki lahan telantar yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Hasilnya diharapkan dapat membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan keluarga," kata Rinie. 

Rinie mendorong pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian untuk memaksimalkan bantuan dan pembinaan terhadap petani di daerah ini. Bantuan seperti peralatan teknologi pertanian, bibit, pupuk dan pembinaan untuk peningkatan sumber daya manusia, masih dibutuhkan petani. 

Berita Terbaru