Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kobar Minta Pemkab Bangun SMP di Desa Runtu

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Agustus 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meminta agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kobar, untuk membangun sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Runtu Kecamatan Arut Selatan.

Itu disampaikan Anggota DPRD Kobar Mina Irawati. Dia menyebut, sejumlah desa yang mulai berkembang perlu mendapatkan perhatian pemerintah demi meningkatkan kualitas pendidikan.

"Salah satunya seperti Desa Runtu Kecamatan Arut Selata. Ini perlu di bangun SMP mengingat desa tersebut hanya memiliki SD saja," kata Mina Irawati.

Mina Irawati mengungkapkan, saat ini, peserta didik lulusan SD yang hendak melanjutkan ke SMP harus ke desa lain, bahkan sebagian juga ada yang sekolah swasta di perusahaan kelapa sawit.

"Oleh karena itu, kami dari Komisi A mendorong agar kedepan di Desa Runtu di bangun SMP negeri. Sehingga anak yang lulus SD bisa melanjutkan ke jenjang SMP tidak jauh dari desa tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, SMP perlu dibangun sebagai upaya mencegah anak putus sekolah sekaligus pemenuhan sarana wajib belajar sembilan tahun di Kobar.

Dia menambahkan, dengan bertambahnya jumlah penduduk di desa tersebut, maka kedepan adanya bangunan SMP sangat berguna. Termasuk nantinya warga di sekitar desa juga bisa sekolah di Desa Runtu.

"Jangan sampai tingkat anak putus sekolah tinggi karena jauh mencari sekolah lanjutam salah satunya SMP. Kami yakin jika di bangun SMP negeri, pendidikan kedepan bisa jauh lebih baik," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru