Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Bisa Atasi Ancaman Pandemi Covid-19 Terhadap Ketahanan Pangan

  • Oleh Ramadani
  • 04 Agustus 2020 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Masyarkat diharapkan mendukung ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19 yang mengancam. Salah satunya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan.

Plt Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Barito Utara, Eveready Noor menyampaikan itu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Program Pembangunan Desa dan Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 11 tahun 2019.

Terkait ketahanan pangan itu, dia berharap setiap rumah tangga mampu memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan.

“Ini sangat strategis. Tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga saat pandemi ini,” kata Eveready Noor, Selasa 4 Agustus 2020.

Dia mengatakan, pemanfaatan lahan pekarangan benar-benar dirasakan manfaatnya. Sebab, itu bukan saja tentang kecukupan bahan pangan, namun menyangkut kemampuan warga memproduksi sendiri bahan pangan.

Sementara itu, terkait rapat koordinasi, Camat Teweh Tengah, M Mastur mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka evaluasi serta memacu program pembangunan di desa saat pandemi covid-19.

“Kami mengevaluasi pelaksanaan program pembangunan yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) serta sumber lainnya tahun 2020,” kata Mastur.

Kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai ajang kaji tiru antar desa, sehingga program pembangunan sesuai dengan tahapan yang diatur perundang-undangan.

Dia mengatakan, rakor tersebut merupakan yang kedua di tahun 2020. Kegiatna itu dilaksanakan terjadwal secara bergantian di seluruh desa. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru