Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PU Gunung Mas Bersihkan Irigasi Secara Berkala

  • 04 Agustus 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun -  Guna meningkatkan pelayanan kepada para petani serta mengantisipasi musibah banjir, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gunung Mas rutin melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan saluran irigasi.

Kabid Sumber Daya Air Dinas PU Gunung Mas, Simpei Menteng mengatakan bahwa pemeliharaan dan perbaikan saluran irigasi, baik primer maupun sekunder tersebut dilakukan secara berkala, berupa pembersihan lumpur hingga tumbuhan pengganggu.

"Saluran irigasi biasanya jika tidak dibersihkan akan mampet, baik oleh lumpur maupun gulma. Sebab itu diperlukan pemeliharaan berkala agar saluran air tetap lancar. Ini dilakukan satu kali dalam satu tahun," jelasnya, Selasa, 4 Agustus 2020.

Saluran irigasi yang rutin dilakukan pemeliharaan dan perbaikan itu berada di daerah irigasi Sakata Juri di Kurun Seberang, Kecamatan Kurun, daerah irigasi Sekata Tewah di Kecamatan Tewah dan Ddaerah irigasi Sekata Gohong Rawai di Kecamatan Rungan.

”Pemeliharaan dan perbaikan rutin saluran irigasi sangat penting untuk pertanian. Dalam beberapa hari terakhir, kami lakukan pembersihan sampah, gulma dan sedimentasi tanah,” tuturnya.

Mengenai dana pemeliharaan dan perbaikan saluran irigasi tersebut, kata dia, berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gumas tahun 2020. Itu memang sudah dipersiapkan sejak awal.

”Mari kita jaga bersama-sama saluran irigasi untuk kemanfaatan semua. Pemeliharaan dan perbaikan saluran irigasi, akan membantu petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian, sehingga menyukseskan program ketahanan pangan,” pungkasnya. (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru