Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Pastikan Anggaran Penanganan Karhutla Sudah Siap

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Agustus 2020 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah memastikan anggaran untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah siap. Terutama untuk kelengkapan sarana dan prasarana.

Terkait itu, Nurhidayah juga memerintahkan BPBD untuk menginventarisasi kelengkapan penanganan karhutla, meski daerah ini masih aman.

"Secara teknis anggaran penanganan karhutla telah kita siapkan di BPBD. Saat ini, pemkab juga gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan," kata Nurhidayah, Selasa, 4 Agustus 2020.

Dia menyampaikan, Kobar menghadapi bencana seperti pandemi Covid-19, maupun banjir yang mulai surut. Kini Satgas Penanggulangan Bencana juga bersiap menghadapi ancaman karhutla.

"Saya meminta BPBD Kobar untuk menginventarisasi sarana dan prasarana penanganan karhutla, sehingga begitu ada kejadian semuanya sudah siap," katanya.

Selain itu, juga dibutuhkan peran aktif komponen masyarakat guna mencegah karhutla.

"Saya sudah perintahkan mulai dari camat sampai dengan desa atau kelurahan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai kewaspadaan menghadapi musim kemarau ini," tuturnya.

Dia juga meminta di wilayah rawan karhutla, harus ada posko untuk memantau. Sehingga apabila ada karhutla bisa ditangani agar tidak menyebar lebih luas. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru