Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BOS dan CBI Group Dukung Pengembangan Potensi Wisata di Desa Pilang Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 05 Agustus 2020 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo mengatakan Desa Pilang memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari Borneo Orangutan Survival atau BOS dan Citra Borneo Indah atau CBI Group. 

"Dalam pengembangan potensi tersebut, kita bekerja sama dengan BOS Nyaru Menteng dan CBI melalui perusahaan sawitnya, untuk penangkaran orangutan," ujar Edy Pratowo, Selasa, 4 Agustus 2020.

Alasannya, untuk menuju wilayah konservasi tersebut, Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya merupakan yang terdekat.

"Ini adalah salah satu yang bisa kita kerjasamakan dan diangkat sebagai salah satu objek tujuan wisata ke depan, selain dari Nyaru Menteng dan Tanjung Puting," ujar Edy. 

Edy menjelaskan juga bahwa masyarakat di Desa Pilang juga dalam mengelola sumber daya alamnya dilakukan dengan kearifan yang ditonjolkan.

"Misalnya mereka harus mengambil hasil alam berupa rotan, yang kemudian diolah menjadi kerajinan dan ini bisa kita padu-serasikan menjadi suatu karya home industry masyarakat lokal," ujarnya.

Dengan demikian, ketika ada kunjungan turis ke wilayah tersebut untuk melihat konservasi orangutan sekaligus bisa melihat hasil kerajinan masyarakat, bahkan bisa dibeli.

Selanjutnya, ekonomi masyarakat juga bisa ditunjang dengan penyediaan pakan untuk orangutan. Misalnya, masyarakat menyediakan pakannya berupa buah-buahan lokal, kemudian dibeli pengelola untuk menjadi makanan orangutan.

"Untuk pengembangan tersebut, pemkab bisa menyiapkan fasilitasnya seperti rute kunjungan melalui susur sungai. Kita juga mohon dukungan dari Kementerian Pariwisata," tambah Edy. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru