Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasasi Jaksa Ditolak, Dianggap Tidak Bersalah Atas Kasus Sabu

  • Oleh Naco
  • 05 Agustus 2020 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasasi jaksa penuntut umum Kejari Seruyan Cilyrus I. Santosa ditolak oleh Mahkamah Agung RI, terhadap terdakwa sabu Idrus.

Artinya Idrus dianggap tidak bersalah, sebagaimana putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Sampit yang diketuai oleh Muslim Setiawan.

"Kasasi penuntut umum ditolak, artinya Idrus sudah murni hirup udara bebas, apa yang terungkap dalam fakta persidangan dikuatkan oleh MA," tegas Bambang, Rabu, 5 Agustus 2020.

Salinan putusan bebas dari MA itu kata Bambang diterima mereka pada, Selasa, 4 Agustus 2020 melalui Pengadilan Negeri Sampit. Putusan itu dijatuhak oleh majelis hakim MA yang diketuai oleh Sofyan Situmpol.

Sebelumnya vonis bebas dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Sampit yang diketuai Muslim Setiawan terhadap Idrus, satpam sawit yang terjerat kasus narkotika jenis sabu, Rabu, 15 Mei 2019.

Dalam kasus Idrus dituntut 6,5 tahun penjara atas tuduhan kepemilikan 0,2 gram sabu. Idrus dibidik Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, serta denda sebesar Rp800 juta subsider 6 bulan kurungan oleh jaksa Kejari Seruyan, Cyrilus I. Santosa.

Idrus diamankan pada 22 September 2018 atas kepemilikan satu paket sabu. Dia ditangkap di Jalan Poros Blok J 57/58 PT Mitra Karya Agroindo, Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Seruyan saat patroli bersama rekannya. Akan tetapi jaksa dianggap tidak bisa membuktikan dakwaannya itu sehingga terdakwa dibebaskan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru