Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berharap Jalan Linau - Kuala Kurun Dapat Perhatian

  • 05 Agustus 2020 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Desa Linau, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas mengeluhkan jalan Linau – Kuala Kurun yang mengalami rusak parah. Padahal, jalan tersebut merupakan akses tercepat menuju ibukota Kabupaten Gunung Mas.

Kepala Desa Linau, Uku J. Gani mengatakan bahwa warganya saat ini terpaksa memutar Kecamatan Tewah untuk bisa sampai ke Kuala Kurun. Pasalnya, jalan Linau-Kuala Kurun yang awalnya menjadi primadona kini tak lagi bisa diandalkan.

“Kondisinya rusak parah sekarang, dulu masih bisa dilalui kendaraan roda empat. Kalau kini hanya mampu diakses kendaraan roda dua, itu pun kalau sepeda motor jenis trail dan tidak hujan,” katanya, Rabu, 5 Agustus 2020.

Parahnya kerusakan jalan penghubung strategis tersebut, ujar Uku, diketahui terjadi sejak tahun 2019 lalu dan hingga saat ini.

“Sejak awal dibuka, jalan tersebut menjadi akses andalan warga kami. Sebab jarak tempuhnya lebih cepat dibanding harus memutar ke Kecamatan Tewah,” ujarnya.

Jalan tersebut juga menjadi salah satu pilihan utama, bagi masyarakat di beberapa kecamatan lain di sepanjang Sungai Rungan.

“Kami berharap pemerintah segera memperbaiki jalan sepanjang 48 kilometer tersebut. Seba kalau lewat Tewah, jarak tempuhnya bisa dua kali lipat lebih jauh,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Linau, Mihing menuturkan bahwa sejak kondisinya rusak parah, hanya ada beberapa orang saja yang bernyali besar melewati jalan Linau – Kuala Kurun.

“Itu pun kalau musim kemarau saja ada orang berani melewati jalan itu, kalau sudah musim penghujan, maka saya rasa tidak mungkin ada orang yang mau. Sebab jalannya licin dan beberapa jembatan kayu kondisinya rusak parah,” pungkasnya. (HENDRA/B-5)

Berita Terbaru