Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Tebar 6.000 Bibit Ikan Lele di Lapas Kelas IIB Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Agustus 2020 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Untuk memberikan pembelajaran kepada para warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sampit, Dinas perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menebar 6.000 bibit ikan lele di kolam yang ada di lokasi tersebut. 

"6.000 bibit ikan ini sebagai percontohan, bagaimana cara mengelola dan merawatnya, supaya ikan yang ditambak bisa diterapkan nantinya oleh para napi saat sudah bebas," ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Heriyanto, Rabu, 05 Agustus 2020. 

Bibit lele yang ditebar masih kecil-kecil. Semua dimasukan ke dalam kolam yang berukuran 4x4 meter. Setelah 2 hingga 3 pekan nantinya, bibit akan diseleksi dan dipisahkan. Itu supaya tidak memakan antar-sesama. 

"Jadi ini bisa jadi modal bagi warga binaan. Sehingga setelah nantinya habis masa hukuman, bisa menjalankan bisnis tersebut," kata Heriyanto. 

Tidak hanya langsung menebar benih, warga binaan juga diberikan pelatihan pembuatan kolam, bioflok, dan lainnya. Sehingga, ketika nantinya sudah keluar, mereka bisa melakukan hal positif yang menguntungkan dan memenuhi kebutuhan hidupnya nanti. 

"Mudah-mudahan apa yang kami buat ini bisa bermanfaat nantinya bagi mereka," harap Heriyanto. (MUHAMMAD HAMIM/B-7) 

Berita Terbaru