Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inspektorat Serahkan Laporan Dugaan Penyimpangan Dana Desa Karuing 2019 ke Kejaksaan Negeri Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Agustus 2020 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Inspektorat Kabupaten Katingan menyerahkan laporan hasil pemeriksaan khusus terkait dugaan penyimpangan Dana Desa (DD) tahun 2019 di Desa Karuing, Kecamatan Kamipang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Katingan.

"Hasil pemeriksaan oleh tim inspektorat ditemukan adanya penyimpangan dalam pelaksanaan Dana Desa di Desa Karuing Kecamatan Kamipang," kata Plt Kajari Katingan, Yovandi Yazid, Rabu, 5 Agustus 2020.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya penyimpangan dalam pelaksanaan DD di Desa Karuing. Selain adanya pekerjaan fisik yang tidak dilaksanakan atau tidak selesai, dugaan penyimpangan juga berupa Silpa APBDes tahun 2019 yang tidak tersimpan di rekening desa maupun kas bendahara.

Lainnya pertanggungjawaban fiktif, pajak yang tidak disetor, dan pemalsuan dokumen pencairan DD. Dalam permasalahan ini, potensi kerugian keuangan pemerintah desa sekitar Rp 616 juta.

Yovandi Yazid mengatakan, inspektorat akan menyerahkan LHP pada minggu ini kepada Kejaksaan Negeri Katingan untuk proses hukum.

Dan pihak Kejaksaan Negeri Kasongan bakal segera memproses pihak-pihak yang diduga terlibat dalam penyimpangan atau penyelewengan dana desa itu sesuai ketentuan yang berlaku.

Menurutnya, pemeriksaan khusus dilaksanakan merupakan hasil koordinasi antara pihak Kejaksaan Negeri Kasongan dengan Inspektorat, guna menindaklanjuti laporan masyarakat. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru