Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Siapkan Langkah Penanganan Cegah Banjir

  • Oleh Norhasanah
  • 06 Agustus 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Antisipasi bencana banjir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menyiapkan langkah-langkah penanganan apabila ketinggian air terus naik hingga memasuki rumah warga.

"Menang musim hujan ini, intensitasnya cukup tinggi sehingga menyebabkan air pasang, air naik," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Kamis, 6 Agustus 2020.

Menurut dia, situasi saat ini memang dihadapi hampir setiap tahun, sehingga pihaknya telah mempersiapkan mekanisme atau langkah-langkah yang diambil dalam mengantispasi bencana banjir di Kabupaten Sukamara.

"Dalam penanganan ataupun penanggulangan sudah ada, tentunya sudah kita siapkan melalui beberapa dinas dan instansi terkait," ujar Windu.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukamara, Syarif Hidayat mengatakan bahwa pihaknya terus memonitor debit air Sungai Jelai.

"Sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini debit air Sungai Jelai memang cukup tinggi. Kami terus pantau setiap perkembangannya," ungkap Syarif.

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya telah menyiagakan Tim Tagana untuk memantau wilayah-wilayah yang rawan banjir. Sehingga, apabila terjadi sesuatu dapat segera diantisifasi dan ditanggulangi.

"Tetapi kita berharap hal-hal yang kita khawatirkan tersebut tidak terjadi. Mudah-mudahan permukiman warga yang berada di area rawan banjur tidak kebanjiran," tutur Syarif Hidayat. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru