Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bhabinkamtibmas Polsek Banama Tingang Usul Ada Peralatan Pencegahan Karhutla di Desa Pahawan

  • Oleh James Donny
  • 06 Agustus 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau tahun ini, Bhabinkamtibmas Polsek Banama Tingang mengusulkan adanya peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

Usulan tersebut disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Banama Tingang Briptu Andre pada saat Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa atau RKPDes Pahawan sebagai desa binaannya. Kegiatan berlangsung di di Gedung Posyandu Desa Pahawan Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau Kalteng, Kamis 6 Agustus 2020.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kapolsek Banama Tingang Iptu Ivan Danara Oktavian mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya Polri khususnya personel Bhabinkamtibmas dalam mengahadapi Karhutla. 

"Dalam kegiatan tersebut juga membahas tentang usulan-usulan apa saja yang akan menjadi prioritas Desa Pahawan pada APBdes tahun anggaran 2021, dan dalam kesempatan itu personel Polsek Banama Tingang tidak ingin ketinggalan menyampaikan usul dan sarannya, yaitu mengusulkan desa binaanya tersebut wajib memiliki alat karhutla dan MPA atau masyarakat Peduli Api yang siap digerakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan," terang Kapolsek. 

Menurutnya, Desa Pahawan merupakan wilayah yang rawan terjadi Karhutla di Kecamatan Banama Tingang. "Usulan tersebut rupanya mendapat respon baik dari pemerintah desa dan telah disepakati bahwa usulan itu akan dimasukan di RKPdes Tahun 2021," terang Ivan. 

Kepolsek berharap masyarakat di tiap-tiap desa bisa bekerja sama dengan baik agar mempermudah kegiatan pencegahan jika terjadi Karhutla di wilayah Kecamatan Banama Tingang. 

"Apabila ditemukan titik api di desanya masing masing agar dapat segera mengkoordinasikan dengan pihak Polsek ataupun Koramil, sehingga kami dapat segera mengambil tindakan," pungkas Ivan.(JAMES DONNY/B-7) 

Berita Terbaru