Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Harapkan Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 06 Agustus 2020 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam upaya pencegahan Karhutla di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengharapkan, peran aktif seluruh komponen masyarakat. Sebab, kata dia, mencegah lebih baik dari pada sudah terjadi Karhutla.

"Dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, seluruh masyarakat harus bekerja sama. Sebab karhutla ini akan berdampak pada semua sektor yang bukan saja akan mengganggu kesehatan, tetapi berdampak pada sektor lainnya, baik ekonomi dan juga pendidikan," kata Hj Nurhidayah belum lama ini.

Dalam mengahadapi musim kemarau, Bupati telah memerintahkan bawahannya mulai dari camat sampai dengan desa atau kelurahan, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, mengenai kewaspadaan menghadapi musim kemarau ini.

Hj Nurhidayah berharap, jangan sampai ada masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar. "Ibu juga minta di wilayah yang masuk rawan karhutla, harus ada posko posko untuk memantau sehingga apabila ada karhutla tidak menyebar lebih luas," katanya.

Terakhir, peran aktif semua sektor harus mulai digerakkan, selain sosialisasi secara langsung. Mulai saat ini, sebutnya, perlu adanya pemasangan spanduk dan banner imbauan kepada masyarakat, perihal larangan membakar hutan dan lahan, serta di pasang juga dalam imbauan tersebut sanksi hukum bagi yang melanggarnya.

Terkait, teknis anggaran penanganan Karhutla, telah disiapkan di BPBD Kobar. Namun saat ini, pemerintah daerah tengah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan.

"Anggaran kita sudah siap, jadi ibu telah meminta BPBD Kobar untuk menginventarisir sarana dan prasarana yang akan digunakan bila terjadi Karhutla," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru