Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Kereng Batu Katingan Hilir Mulai Garap Lahan dengan Mesin Alat Pertanian

  • Oleh Abdul Gofur
  • 06 Agustus 2020 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah petani di Kereng Batu Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan mulai menggarap lahan dengan mesin alat pertanian,

Menurut pantauan borneonews.co.id, Kamis, 6 Agustus 2020, petani yang hendak mulai menanam sayur mayur dan tanaman buah-buahan mengolah lahannya dengan alat mesin pertanian di tepi Jalan Soekarno-Hatta tepatnya Km 3, 5 Kereng Batu. Para petani di tempat ini bergabung dengan Kelompok Tani Aperda.

Alat mesin pertanian yang digunakan mengolah atau menggemburkan tanah ini berupa Jonder, yang merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Katingan tahun 2019, namun baru diserahkan pada tahun 2020 ini.

Menurut Tuyui, salah seorang petani tergabung dalam Kelompok Tani Aperda Kereng Batu Katingan Hilir disela menggarap lahannya menggunakan jonder mengatakan, ia dan petani lainnya mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintah daerah dan juga kepada Dinas Pertanian Kabupaten Katingan yang telah membantu petani di Kereng  Batu dengan aoat mesin pertanian berupa jonder ini.

Menurunya, dengan adanya jonder petani setempat sangat terbantu. Pasalnya, mengolah lahan yang akan ditanami tanaman pertanian lebih cepat dibnding dengan cara manual maupun dengan traktor tangan.

"Lahan yang saya garap ini sebelumnya adalah ditumbuhi semak belukar karena lama tidak digarap, dan baru kali ini kita garap. Dengan bantuan mesin pertanian jonder ini kerjz kita jadi lebih cepat dibanding sebelumnya," kata Tuyui ditemui disela kesibukannya membajak lahan dengan jonder.

Tuyui mengaku masih belum menentukan tanaman apa yang bakal ditanam di lahan ini. Namun demikian ia  mengaku bakal menanam jenis sayur mayur.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru