Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengalaman Live Shopping dan Konser Musik Daring Tarik Minat Belanja Masyarakat

  • Oleh Teras.id
  • 07 Agustus 2020 - 07:20 WIB

TEMPO.COJakarta - Kolaborasi kedua antara Tokopedia dan JSD (Jakarta Sneaker Day) pada 27-30 Juli 2020 kembali mendapatkan antusiasme sangat tinggi dari masyarakat. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan pegiat usaha yang memanfaatkan kanal daring diharapkan dapat lebih tangguh mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

"JSD adalah contoh pegiat usaha yang mengakselerasi adopsi platform digital Tokopedia untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan belanja masyarakat, serta berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” kata Nuraini dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada 6 Agustus 2020.

Sebelumnya, JSD yang sebelumnya diselenggarakan sepenuhnya offline, mulai meng-online-kan acaranya untuk pertama kali pada 28-29 Maret 2020 melalui Tokopedia. Hasilnya sukses luar biasa. Kolaborasi kedua ini ternyata juga menyita perhatian. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa nilai transaksinya meningkat lebih dari 2x lipat dibanding kegiatan pada Maret lalu.

Kesuksesan ini salah satunya didorong oleh pemanfaatan Tokopedia Play, kanal video streaming yang diluncurkan Tokopedia pada 2019.

“Pemanfaatan Tokopedia Play bertujuan membantu pegiat usaha, seperti JSD, menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih interaktif dan atraktif, mengingat saat ini kita di tengah era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja,” jelas Nuraini.

Project Director JSD, Vito Wira Evendye, mengungkapkan, “Bersama Tokopedia, JSD Future Format Volume 2 dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru sekaligus mendorong industri fesyen yang saat ini terdampak pandemi. Pemanfaatan Tokopedia Play juga menjadi salah satu langkah kami untuk menginspirasi lebih banyak pegiat usaha dalam mendukung kemajuan industri fesyen dan skena pop-culture di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.”

Selain menampilkan berbagai produk fashion dari kreator lokal dan internasional, Tokopedia Play juga telah menyajikan hiburan berupa talkshow JSD Buzz dan konser musik online yang memungkinkan masyarakat merasakan pengalaman live shopping yang menghibur. Acara itu menjadi jembatan untuk para pelanggan JSD yang sebelumnya diselenggarakan offline. Melalui acara daring tersebut, kegiatan itu telah ditonton lebih dari 200.000 kali sepanjang periode kampanye.

Pemanfaatan platform Tokopedia secara umum membantu para kreator lokal dan internasional, dalam hal ini di kampanye JSD, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat khususnya dari NTT, Maluku dan Papua. Selain itu, produk hasil kreator lokal, seperti sepatu, tas ransel dan masker kain bermotif, menjadi yang paling populer.

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia akan terus memberikan panggung seluas-luasnya untuk membantu para pegiat usaha di Indonesia bisa terus berkolaborasi dan berinovasi untuk beradaptasi di tengah pandemi,” kata Nuraini.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru