Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

84.864 Kepala Keluarga di Kapuas Sudah Terima Bantuan Sosial

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Agustus 2020 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 84.864 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Kapuas sudah menerima bantuan sosial terkait pandemi covid-19.

Bantuan sosial tersebut merupakan program pemerintah untuk meringankan beban masyarakat dari dampak covid-19, terutama untuk kalangan masyarakat tidak mampu.

Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan membeberkan ada bansos reguler dan terkait penanganan Covid-19 yang bersumber dari APBN maupun APBD.

Ia merincikan, jumlah tersebut terdiri dari bantuan berupa penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu 8.121 KK, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 14.885 KK, Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian sosial (Kemensos) 18.254 KK.

Selanjutnya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD Kabupaten Kapuas sebanyak 23.880 KK, dan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLTD-DD) Kabupaten Kapuas sebanyak 19.724 KK.

“Secara khusus untuk BLT APBD Kabupaten sudah meng-cover lebih dari 150 desa dan kelurahan," tuturnya.

Jadi, yang tersisa hanya di wilayah hulu Kapuas, karena kendala di sana terkait dengan verifikasi dan pendataan serta tidak ada sistem informasi atau telekomunikasinya.

"Ada sekitar 10.000 an KK lagi, tapi kita tetap fasilitasi untuk mendapatkan bantuan dan masuk pada gelombang ke empat,” jelasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru