Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kalteng Ajak Partai Politik Dukung Proses Coklit Data Pemilih

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Agustus 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah mengajak anggota partai politik untuk mendukung proses pencocokan dan penelitian (coklit) terkait pemutakhiran data pemilih.

Itu mengemuka dari Komisioner KPU Provinsi Kalteng Sastriadi, dalam acara "Ngobrolin Data Pemilih KPU Kabupaten Kotawaringin Barat untuk Pilkada Kalteng 2020" di Pangkalan Bun, Jumat, 7 Agustus 2020.

Dia menyampaikan, dalam rangka menyukseskan pemilu serentak nanti, diharapkan tahapan proses awal ini harus sukses dengan dukungan semua pihak. Mulai dari instansi terkait, masyarakat, serta anggota parpol.

"KPU mengajak semua pihak terutama partai politik peserta pemilu, untuk turut serta mengawasi dan mengimbau kadernya agar mendukung proaes pencoklitan," kata Sastriadi.

Pencoklitan perlu dukungan, partisipasi, dan proaktif guna menuju pemilu yang berkualitas. KPU juga terus melakukan sosialisasi mengajak semua elemen masyarakat untuk turut serta menyukseskannya.

"Pendataan pemilih bukan semata mata menjadi tanggungjawab satu pihak. Masyarakat juga harus proaktif, jangan sampai nanti orangnya sudah pindah namun masih terdaftar. Atau sebaliknya, misalnya sudah lama tinggal di Kobar namun secara administrasi bukan orang sini. Sehingga tidak memiliki hak pilih," ungkapnya.

"Karena ini tahap awal yang menentukan kualitas pemungutan suara nanti. Sebab, kalau banyak pemilih yang tidak terdaftar maka peserta pemilu juga akan dirugikan. Mari sukseskan proses pemilihan yang kita awali dengan pencoklitan," tuturnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru