Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Rungan Hulu: Jangan Heran Lihat Banyak Warga di Atas Bukit, Mereka Cari Sinyal

  • 07 Agustus 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Jaringan telekomunikasi di Kabupaten Gunung Mas belum sepenuhnya merata. Bahkan, sejumlah kecamatan belum terjamah seperti yang dialami masyarakat di Rungan Hulu.

Camat Rungan Hulu, Tinjek, mengatakan, sejauh ini hanya 4 desa di wilayahnya yang tersentuh jaringan seluler maupun internet, yakni Desa Tumbang Lapan, Desa Batu Puter, Desa Jangkit, dan Desa Sangau.

"Wilayah kami masuk kategori blank spot. Memang empat desa itu masih mendapat jaringan telekomunikasi, namun cuma di tempat tertentu. Makanya jangan heran kalau ada banyak orang ngumpul di atas bukit, mereka itu lagi cari sinyal," kata Tinjek, Jumat, 7 Agustus 2020.

Tinjek menambahkan, ada 4 desa di wilayahnya yang benar-benar terisolasi dari jaringan telekomunikasi, yaitu Desa Tumbang Mujai, Sei Antai, Tumbang Tue, dan Tumbang Rahuyan.

"Akses telekomunikasi sudah kami usulkan sejak lama, bahkan di setiap kesempatan juga disampaikan keluhan warga Rungan Hulu ini, namun tidak kunjung direalisasikan. Padahal kalau dibangun satu tower BTS saja, mungkin sudah menjangkau seluruh wilayah kecamatan," katanya.

Sementara itu, Kades Tumbang Mujai, Mujiadi menambahkan, akses telekomunikasi merupakan usulan atau aspirasi prioritas warga desanya sejauh ini.

"Makanya program sekolah online atau belajar dari rumah selama covid-19 di sini tidak sepenuhnya berjalan baik," keluhnya. (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru