Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Jajaki Pembentukan UPPB di Desa Didi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Agustus 2020 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur menjajaki pembentukan Unit Pengolahan dan dan Pemasaran Bahan Olah Karet di Desa Didi Kecamatan Dusun Timur. Penjajakan itu ditandai dengan pertemuan bersama petani karet di Balai Desa Didi, Jumat, 7 Agustus 2020.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Frendesima menjelaskan pembentukan kelompok UPPB bertujuan sebagai sarana bagi petani untuk meningkatkan mutu karetnya, sehingga berdampak pada peningkatan harga jual.

"Nanti dengan UPPB, akan ada aturan yang disepakati secara musyawarah oleh petani untuk meningkatkan mutu bokar (bahan olah karet) serta pemasaran bersama," jelasnya.

Selain itu, UPPB dapat meningkatkan posisi tawar bagi petani dalam menjual bokar kepada pabrik serta menjadi media komunikasi petani dalam dalam memanfaatkan program-program pengembangan karet rakyat.

"UPPB juga dapat memperpendek rantai pemasaran melalui penjualan langsung ke pabrik. Kami berharap lembaga ini juga dapat mengoptimalisasi fungsi BUMDes maupun koperasi pemasaran karet," tambahnya.

Frendesima mengatakan, akan ada beberapa kendala yang akan dihadapi dinas pertanian dalam pengembangan UPPB. Antara lain modal usaha bagi petani, komitmen anggota terhadap aturan yang berlaku, serta persaingan harga dengan tengkulak dan pedagang perantara.

Melihat kendala tersebut, Kepala Dinas Pertanian Rahmadi berharap dapat bekerjasama dengan pemerintah desa setempat untuk mencari solusi terbaik bagi pembentukan UPPB dan peningkatan kualitas serta harga jual Bokar

"Dalam waktu dekat, kami akan upayakan mengajak perwakilan petani karet berkunjung ke pabrik untuk mengetahui kualitas bokar yang diinginkan pabrik karet," kata Riza.

Nanti dari standar kualitas yang ditentukan pabrik itulah UPPB membuat kesepakatan di antara petani karet untuk menetapkan standar kualitas bokar dari petani.

"Kami berharap dengan pembentukan UPPB nanti dapat meningkatkan kualitas dan harga jual bokar sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani karet di Barito Timur. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru