Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Akan Luncurkan Mobil Toilet Keliling, Untuk Apa

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Agustus 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam waktu dekat Pemkab Kobar akan menyiapkan mobil toliet keliling. Ini sebagai bentuk memantapkan program sanitasi 0 jamban, sekaligus mendukung ‘Kobar Sehat’.

Mobil toilet keliling nantinya akan ditempatkan di sejumlah lokasi strategis, sebagai bagian pelayanan publik. Mobil ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang hendak buang air kecil (BAK) maupun buang air besar (BAB).

Kepala Dinas PUPR Junni Gultom menyampaikan, jumlah mobil yang akan disediakan Pemkab Kobar sebanyak dua armada. Satu Mobil Toilet Keliling dan yang satunya lagi khusus untuk menyedot limbah dari rumah dan lingkungan warga.

“Saat ini kedua armada masih dimodivikasi di Jawa, rencana akan di louchinng atau pemakaiannya dalam waktu dekat di tahun 2020 ini," ujarnya, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Lanjutnya, penyediaan mobil toilet keliling dan penyedot limbah, merupakan program Water From City (WFC) juga bagian dari edukasi masyarakat peduli sungai sebagai sumber kehidupan, dengan merubah paradigma membelakangi menjadi menghadap strategi untuk mewujudkan program sanitasi 0 Jamban.


"Ini merupakan gerakan kita menuju Kobar Sehat. Semoga nantinya fasilitas yang disediakan Pemkab Kobar ini bisa bermanfaat untuk warga masyarakat, sehingga Kobar semakin sehat," ungkapnya.

Bahkan, menurutnya, mobil toilet keliling yang akan diadakan di Kota Pangkalan Bun ini, merupakan pertamakali di Kalimantan Tengah. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru